Cara Mudah Mengahafal Al-Quran dengan “Metode Alur Cerita”

Bagaimana cara menghafal al-Quran dengan cepat?”, “Bagaimana metode menghafal al-Quran?” dan beberapa pertanyaan lain yang senada.

Menurut hemat saya, kita tidak perlu cepat-cepat dalam menghafal al-quran. Yang lebih penting lagi bagaimana kita dapat menghafal al-Quran sekaligus paham maksud dari ayat-ayat al-Quran. Sehingga al-Quran bukan hanya sesuatu yang kita hafal tapi juga menjadi sesuatu yang kita amalkan karena kita tahu maksudnya.

Berikut Tips-Tips Bagi Yang Ingin Serius Menghafal Al-Quran:

  1. Mengikhlaskan Niat

Yang paling penting adalah mengikhlaskan niat. Jika niat kita sudah ikhlas segala rintangan dan hambatan yang akan menghadang saat kita menghafal al-Quran akan mampu kita lewati dengan mudah.

Sebaik-baik niat yaitu niat IKHLAS karena Allah. Meskipun begitu, kita bisa saja belajar untuk meniatkan hal tersebut untuk sesuatu yang baik. Misalkan berniat untuk menghafalkan al-Quran karena ingin memberikan mahkota kemuliaan untuk kedua orang tua di akhirat kelak dan lain-lain. Namun kita tetap harus berusaha agar niat kita kedepannya bisa menjadi sebuah niat yang ikhlas karena Allah bukan karena mengharapkan apapun.

  1. Memperbaiki Bacaan

Sebelum mulai menghafal ayat demi ayat, hendaknya kita memperbaiki bacaan terlebih dahulu. hal ini wajib kita lakukan agar terhindar dari salah baca dan kekeliruan. Menghafal al-Quran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tapi kalau membacanya masih banyak yang keliru, bisa membuat pahala berkurang.

  1. Metode Mengafal Al-Quran

Ada banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk menghafal al-Quran, masing-masing orang akan mengambil metode yang sesuai dengan dirinya. Akan tetapi disini saya akan paparkan 1 cara yang paling mudah menurut saya:

Metode mengahafal yang saya gunakan adalah dengan cara “Fahami Alur Cerita di dalam ayat tersebut”. Hal ini bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Baca satu ayat yang akan kita hafal sebanyak 3 kali
  2. Baca kembali satu kali dengan cara buka tutup ayat tersebut
  3. Baca terjemahan ayat tersebut per kata
  4. Baca keseluruhan terjemah ayat tersebut
  5. Fahami alur cerita ayat tersebut atau fahami tema apa yang sedang dibahas pada ayat tersebut
  6. Mulai hafalkan !

Ke enam langkah tersebut selain akan lebih menyenangkan, kita akan belajar makna perkata dari apa yang kita hafalkan. Yang diharapkan ketika kita sudah hafal, bukan hanya hafal lafadz nya saja tapi kita akan mengetahui petunjuk kehidupan yang Allah sampaikan lewat al-Quran.dan metode ini akan menimbulkan kesan mendalam saat kita menghafalkan ayat per ayat dari al-Quran.

  1. . Pasang Target Menghafal

Di tengah-tengah menghafal, biasanya akan mengalami kendala seperti susah masuk atau hafalan yang sudah dihafal lupa lagi. Kalau sudah seperti ini biasanya semangat kita akan berkurang. Karena kita merasa bahwa al-Quran susah untuk dihafal.

Untuk menanggulangi agar kita tidak patah semangat, kita harus pasang target dalam menghafal. Target ini berguna sekali ketika kita sedang malas menghafal. Kita akan ingat bahwa kita punya mimpi menjadi penghafal al-Quran, sehingga semangat kita akan kembali berkobar. Namun, target pun harus disesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki.

  1. Muroja’ah (Mengulang-Ulang Hafalan)

Hendaknya kita mengulang-ulang halaman yang sudah kita hafal sesering mungkin, jangan sampai kita sudah merasa hafal beberapa halaman, kemudian kita tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

Muroja’ah ini bisa silakukan dengan mengulang sendiri, diperdengarkan kepada orang lain, merekam hafalan kita atau bahkan mendengarkan murotal al-Quran berulang-ulang dalam jumlah yang banyak.

  1. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Alquran

Usahakan menggunakan satu jenis mushaf al-quran, jangan pindah dari satu jenis mushaf ke mushaf lain. Karena setiap jenis mushaf al-quran mempunyai posisi ayat yang berbeda-beda, kalau kita berganti-ganti mushaf mata kita akan ikut menghafal apa yang kita lihat sehingga itu akan mengaburkan hafalan kita.

 

  1. Memperbanyak Do’a

Do’a adalah senjata seorang mukmin. Dalam setiap amalan kita diperintahkan untuk selalu mengawalinya dengan berdo’a.

Begitu juga dalam menghafal Al-quran, perbanyaklah berdo’a agar dimudahkan dalam menghafal Al-quran, karena do’a merupakan bukti tawakkal kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

 

Salam Hangat

Fithria Khusno Amalia, S. Ag
Ustadzah Tahfidz Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid
(Alumni Tafsir Hadits 2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

4 Comments

  1. Alhamdulillah.. Terima kasih atas artikel ini. Dengan begitu sangat bisa membantu dalam hafalan qur’an..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *