Can I Buy One Get Three? Yes, You Can!

Tak jauh dari kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, terdapat Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid tepatnya berlokasi di Jl. A.H. Nasution Kp. Cisalatri RT 04 RW 05 Kel. Cipadung, kec. Cibiru, Kota Bandung Jawa Barat. Di bawah Dewan Pengasuh Ibu Euis Susilawati, S.S S, M.pd.I. Itu sungguh menarik perhatian saya pribadi karena pondok terpadu tersebut berbasis pondok modern, karena program-program pengajaran yang disediakan seperti:

  1. Program Kebahasaan
  2. Kitab Kuning
  3. Tahfidz

Yuk, kita ulas sedikit tentang program diatas.

  1. Program Kebahasaan

Program kebahasaan meliputi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Adanya program kebahasaan ini sungguh membatu khususnya santri yang berkuliah jurusan bahasa. Karena tidak semata hanya belajar dikelas namun di pondok ini para pengajar membuat cara semenarik mungkin agar program kebahasaan ini tidak monoton pada umumnya. Seperti, pemberian vocabulary atau mufrodat (kosa kata). Pemberian kosa kata dilakukan bergantian hal nya satu minggu untuk Bahasa Arab satu minggu selanjutnya Bahasa Inggris. Cara ini diberikan, bertujuan agar semua santri mendapatkan kosa kata baru setiap harinya. Untuk penempatan kelas santri terbagi menjadi tiga kelas, sesuai dengan kemampuan santri tersebut. Ada kelas Ibtida (1) , Mutawasit (2), dan Ulya (3). Jadi para pengajar memberikan materi sesuai dengan tingkatan kelasnya.

  1. Kitab Kuning

Sama hal nya dengan pondok lainnya. Dipondok Ar-Raaid pun terdapat pembelajaran 13 Kitab Kuning diantaranya, Tafsir Jallalain, Riyadhus Sholihin, Jurumiyah, Safinah, dll. Untuk pemula pasti kaget dengan program ini, karena program ini cara belajarnya menjelasakan arti dari tiap-tiap kata/ tulisan arab yang ada di kitab tersebut. Dan penjelasannya memakai bahasa Sunda atau bahasa Jawa. Namun, kita tak perlu khawatir. Cara belajarnya dengan didahului oleh guru untuk mengawakinya dan diikuiti oleh para santri. Dan ada program khusus yaitu setiap hari sabtu dan minggu subuh diadakan privat soroghan kitab, yang bertujuan untuk membantu para santri memahami isi daripada kitab yang ada.

  1. Tahfidz

Yaa terkadang bagi sebagian santri program ini bagian terberat. Karena mereka harus menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan target. Namun tidak perlu khawatir di pondok Ar-Raaid ini para pembimbing Tahfidznya sungguh sangat sabar, demi terciptanya para santri yang mampu membaca Al-Quran dengan benar dan mampu untuk dihafal. Sebelum ke targetan hafalan Al-Quran, disini kita dituntun untuk bisa atau mengerti cara membacar Al-Quran sesuai dengan tajwid.

Nah inilah sedikit uraian jawaban dari judul diatas “Can I buy one get three? Yes! U can“. Dengan satu niatan kita mondok di pondok pesantren  terpadu Ar-Raaid kita akan  mendapatkan  tiga program pengajaran sekaligus.

 

Peserta Article Competition

Siti Nur Riyadhus Sholihah

(Mahasantri PPT – Ar-raaid juga Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan D3 Bahasa Inggris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *