Program Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid

Antum calon mahasiswa UIN Bandung? biasanya, antum kebingungan mencari tempat persinggahan yang cocok buat antum. Nah, antum harus tau nih tempat yang satu ini, tempaat apaa sih ka ? ya tempat untuk kamu singgahi. In sya Allah tempat yang penuh dengan keberkahan. Apa sih nama tempatnya, dimana tempatnya ? dan bagaimana program yang ada di dalamnya ? jangan khawatir, kakak akan jelaskan satu persatunya, berikut penjelasannya :

Pertama Tempat ini bernama Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid atau yang disingkat dengan PPT Arraid. Pondok ini merupakan pondok terdekat dari UIN Bandung, tepatnya berlokasi di Jalan A.H. Nasution, Gang Kujang, Kp. Cisalatri, RT/RW.04/05, Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, nah itu dia, nanti antum semua bisa cek sendiri di alamat itu.

Kedua, nah ini yang paling penting, antum semua harus tau program apa saja yang ada di dalamnya. perlu antum ketahui, dalam pondok pesantren ini memiliki tiga program khusus, diantaranya, pembelajaran kitab kuning, bahasa dan Tahfidz.

  1. Kitab kuning

Salah satu program yang ada di PPT Ar-Raid ini ialah pengajian atau pembelajaran kitab kuning, kitab-kitab yang dikaji diantaranya, kitab ta’lim al muta’allim, tijan ad-Darori, tafsir jalalain, fathul mu’in, al-fiyah ibn malik, Qurrotul’uyun, Riyadh as-Salihin dan masih banyak laagi. Dan insyaAllah kesemuanya diampu oleh para pengajar yang mumpuni di bidangnya. Pembelajaran kitab ini tidak akan bisa kita peroleh di bangku perkuliahan. insyaAllah sangat bermanfaat bagi kehidupan kita kelak.

  1. Program bahasa

Program bahasa yang ada di PPT Ar-Raaid berfokus pada dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Seperti kita ketahui bahwa kedua bahasa ini merupakan bahasa tertinggi di dunia, dan keduanya sebagai bahasa internasional. Maka, mau tidak mau kita harus menguasai keduanya. Metode yang dilakukan bisa berupa speaking, reading, dan listening. insyaAllah dengan metode tersebut kita akan mampu menguasai kedua bahasa tersebut. Amiin

  1. Tahfidz

Program yang satu ini ialah program yang sangat luar biasa, dimana para mahasantri di tuntut untuk memiliki target hafalan setelah lulus dari Pondok pesantren Arraid. Selain dari itu, program tahfidz ini juga di  tujukan agar mempermudah mahasiswa dalam ujian tahfidznya di Kampus. lebih jauh dari itu, program tahfidz ini dibuat bukan hanya untuk mempermudah ujian saja, melainkan untuk bekal kita di akhirat kelak ketika menghadap Rabb kita. Sebagai bukti perjuangan kita di dunia. itu siih tujuannya.

ketiga program itu merupakan program akademik yang ada di PPT Ar-Raaid. untuk kegiatan yang lainnya masih banyak lagi, seperti muhadhoroh, diskusi bahasa dan yang lainnya yang insyaAllah penuh kemanfaatan dan keberkahan. Bagaimana dengan waktunya ? antum sekalian, jangan khawatir karena semua sudah disesuaikan dengan jadwal yang ada di kampus antum, jadi insyaAllah tidak akan mengganggu. Bukan hanya  menyesuaikan, tetapi di PPT Ar-Raaid ini juga akan membantu mengisi  waktu senggangmu ketika libur kuliah khususnya di hari minggu, kita melakukan sholat duha berjamaah.

Namun hal yang tidak kalah penting yang harus antum ketahui, di PPT Ar-Raaid ini bukan hanya skill ataupun kepintaran yang diutamakan, melainkan pembentukan Mental, Karakter, dan ketauhidan yang mantap yang menjadi pijakan. Guna melahirkan generasi-generasi yang memiliki hati suci (qolbun saliim), jiwa pemberani,  sehingga terhindar dari sifat takabbur, iri dan dengki, serta mampu menebarkan kemanfaatan yang luar biasa kepada ummat manusia.

Setelah tadi panjang lebar bercerita tentang program PPT Ar-Raaid,gimana nih perasaan antum semua, penasaran, bingung atau pusing ,?

Antum semua wajib merasakannya sendiri , karena informasi ini tidak akan pernah mewakili, jika kita tidak pernah merasakannya langsung. Ayoo! tunggu apalagi, kami menunggu kedatangan antum semua untuk bergabung menjadi mahasantri Ar-Raaid.      Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita, melindungi setiap langkah kita, selalu mendapat taufik dan hidayah-Nya. Amiiin yaa Allah yaa Robbal’Alamin. Syukron

 

Peserta Article Competition

Siti Nurfadilah

(Mahasantri PPT – Ar-Raaid juga Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan bahasa dan sastra Arab)

 

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *