Program Akademik Pondok Pesantren Terpadu Ar-Raaid

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai sobat fillah ukhti maupun akhi yang ingin kuliah dan pesantren ditambah lagi pesantrennya dengan akademik yang baik dan berkualitas? Pondok Pesantren Terpadu Arraid jawabannya. Kenapa? Karna selain pondok pesantren yang sangat dekat dengan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang beralamat di JL. A.H Nasution, Gg.Kujang, Kp. Cisalatri, RT/RW 04/05,  Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung 40614 Jawa Barat, Pondok Pesantren Arraid juga mempunyai Program Akademik yang bagus loh. kamu ingin mencari program akademik yang menjadikanmu mahasiswa sekaligus mahasantri yang mahir berbahasa Arab dan Inggris? Kamu ingin menjadi ulama besar dengan kemampuan mahir membaca dan menyurahkan isi kitab kuning ? atau ingin jadi mahasiswa yang hapal 30 juz bukan hanya juz 30 saja? Atau disamping itu kamu juga ingin jadi mahasiswa yang berkarakter , berakhlak mulia, bersosialisasi dan tekun beribadah? Nah semua keahlian yang ingin kamu dapatkan itu bisa terjawab dengan masuk ke pesantren terpadu Arraid. Dengan catatan, belajarnya harus dengan sungguh-sungguh ya, karna hasil tidak pernah mengkhianati usahanya. Jika selama di pesantren kita kerjaannya hanya hadir dalam pengajian atau pembelajaran lalu tidak mencoba memahaminya maka hasilnya pun akan nihil, tapi jika kita rajin mempelajari lagi ilmu yang telah di sampaikan maka Insya Allah hasilnya pun akan setara dengan usaha yang kita lakukan.

Pasti bertanya – tanya kan bagaimana kok bisa hanya dengan masuk Pesantren Ar-raaid keahlian yang kita inginkan dapat di wujudkan? Balik lagi ke program akademiknya , karna Pesantren Ar-raaid mempunyai program akademik yang baik dan berkualitas berdasarkan Visi dan Misinya, yaitu :

Visi

Membangun Lembaga Pondok Pesantren Terpadu dengan basis Bahasa Arab dan Inggris, kitab kuning, serta Tahfidz al-Qur’an yang bermutu, berdisiplin dan populis.

 

Misi

  1. Menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemahiran dan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris aktif, baik secara lisan maupun tulisan.
  2. Menyiapkan mahasiswa yang mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar serta hafal juz-juz al-Qur’an .
  3. Mengadakan pendidikan “kitab kuning” dengan rujukan bidang akidah, tafsir dan fiqih.
  4. Menyiapkan mahasiswa yang berkarakter, berakhlak mulia, bersosialisasi dan tekun beribadah.

Kenapa karakter termasuk ke dalam pembelajaran? karna pengetahuan saja tidak akan cukup. Akan sia-sia jika kita mempunyai ilmu yang banyak dan mahir dalam segala bidang tetapi akhlaknya tidak diasah ke arah yang lebih baik. Bisa jadi kita akan menjadi orang sombong dengan kemampuan yang kita punya. Ibu selaku Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Ar-raaid pun selalu bilang : “ Ibu tidak butuh santri yang pintar, tapi ibu butuh santri yang berakhlak baik, karna santri yang pintar belum tentu baik akhlaknya sedangkan santri yang baik akhlaknya sudah tentu dia santri yang pintar karna mengamalkan sebagian ilmu yang didapatnya.

Nah itu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas, sekarang kamu juga pasti bertanya-tanya bagaimana proses pembelajaran yang di laksanakan di Ar-raaid kan? Pembelajaran di pesantren Ar-raaid meliputi :

  1. Pembelajaran kitab kuning

Pembelajaran kitab kuning dilaksanakan pada malam-malam tertentu, diantaranya:

  • Malam senin

Adapun kitab yang diajarkannya adalah Riyadusolihin, Qurutul Uyun, dan Syu’bul Iman.

  • Malam kamis

Kitab yang di pelajari Tafsir Jalalain dan Fathul Muin

  • Malam sabtu

Santri mempelajari kitab alat atau ilmu nahwu shorof seperti Imriti, Nadzom al Maqsud

  • Malam minggu

Kitab yang di pelajari adalah kitab Tizan, Ta’limul Muta’lim, Kaasyifatu Sajaa (Safinah)

  1. Pembelajaran bahasa Arab dan Inggris
  • Pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan pada malam rabu
  • Pembelajaran bahasa Inggris dilaksanakan pada malam selasa
  1. Pembelajaran tahfidz

Penyeteoran tahfidz dilakukan dua kali dalam sehari yaitu ba’da subuh dan malam ba’da ngaji kitab kuning atau pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Asing.

 

  1. Muhaddoroh dan Diskusi Bahasa

Ada kegiatan rutinan santri yang tidak dapat dilupakan yaitu muhaddoroh dan diskusi bahasa. Pada kegiatan ini santri di tuntut untuk bisa percaya diri tampil didepan semua santri dengan tugas masing-masing yang sudah di berikan. Tujuan dari di adakannya kegiatan ini untuk melatih para santri siap terjun ke dunia masyarakat. Karna dalam kegiatan ini santri mendapat tugas yang mendukung peran santri itu sendiri di kalangan masyarakat seperti pembacaan barjanji, pembacaan ayat suci al qur’an, ceramah , bathsul kutub (menyurahkan kitab), pembacaan doa dan lain-lain. Nah untuk kamu yang di kampung halamannya sering mengadakan PHBI, maka kamu tidak akan malu berdiri di tengah-tengah masyarakat. Karna masyarakat perlu generasi yang memajukan program-program yang sudah tersedia. Siapa lagi coba kalo bukan kita ,iya kan ? ayo untuk kamu yang bingung milih pesantren yang dekat dengan kampus UIN sekaligus program akademiknya bagus. Pilihlah Ar-raaid sebagai jawabanmu. Sekian dan terimakasih semoga informasinya membantu kamu yang sedang mencari pesantren pilihan terbaik.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Peserta Article Competition

Selvi Nurafni

(Mahasantri PPT – Ar-raaid Juga Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah)

2 Comments

    • bisa di klik logo whatsapp yang ada di web ini kak. atau ke tab kontak di website ini kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *